Tips Menata Bekal Agar Tetap Nikmat Selama Piknik

Jika Anda menghabiskan akhir pekan di Bandung, pasti Anda menyadari bahwa kota ini memiliki berbagai tempat terbaik untuk hangout di Bandung. Salah satunya adalah taman-taman tematik yang cocok untuk menjadi tempat refreshing. Selain dikelilingi pepohonan, taman-taman tersebut sudah dilengkapi layanan Wi-Fi yang bisa diakses secara gratis. Anda yang gemar beraktivitas di luar pun dijamin betah, termasuk saat piknik bersama teman dan keluarga.


Supaya tidak kelaparan di tengah piknik, siapkan bekal yang akan Anda bawa dengan langkah-langkah berikut:

      Hati-hati saat menata barang

Cek tempat seperti apa yang akan Anda pakai untuk menyimpan bekal. Keranjang piknik lebih direkomendasikan karena memudahkan Anda dalam menata makanan. Namun, ransel juga dapat dipilih untuk alasan yang lebih praktis. Tempatkan dulu wadah yang lebih besar di bagian dasar, lalu simpan wadah-wadah yang lebih kecil di atasnya. Jika Anda membawa minuman dingin, pisahkan dulu es batunya agar tak mudah bercampur.

      Jangan membuka makanan terlalu lama

Membiarkan makanan terkena udara terlalu lama, terutama saat berada di luar ruangan, akan mempengaruhi kualitas rasanya. Hal ini disebabkan bakteri akan tumbuh lebih cepat saat bertemu udara dan panas dari sinar matahari. Waktu ideal kontak makanan dengan udara atau panas sebaiknya tak lebih dari dua jam. Kalau makanan terlanjur terpapar kotoran, Anda riskan terkena sakit perut atau penyakit sistem pencernaan lainnya.

      Bawa buah dan sayur dalam keadaan dingin

Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dibawa dalam keadaan dingin, antara lain buah dan sayur, termasuk salad. Temperatur dingin atau sejuk akan menjaga rasa dan nutrisi yang terkandung dalam buah dan sayur. Anda bisa menyimpannya beberapa jam di kulkas sebelum berangkat dan menyimpannya dalam cooling box saat dibawa ke taman untuk piknik. Segera santap begitu dibuka untuk mendapatkan rasa terbaik.

      Simpan makanan panas dan dingin dengan benar

Masih berhubungan dengan temperatur, makanan dingin yang Anda bawa untuk piknik sebaiknya disimpan dalam suhu di bawah 15oC. Sementara untuk makanan panas, suhunya tak boleh lebih dari 60oC. Anda bisa menjaga suhu makanan dingin dengan menyimpannya di dalam wadah berisi es batu. Lantas untuk makanan panas, gunakan kantung termal yang terisolasi supaya suhunya tetap stabil saat dibuka di taman.

                Dengan menerapkan tips di atas, diharapkan Anda dapat menikmati bekal selama piknik dengan nikmat. Semoga bermanfaat, ya!

Post a Comment

0 Comments