5 Kuliner Khas Pekanbaru yang Wajib Anda Cicipi

Berencana mengunjungi Kota Pekanbaru dalam waktu dekat? Kalau iya, jangan lupa cicipi kulinernya saat Anda berada di sana, ya. Selain enak, kuliner khas kota ini juga dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Tertarik untuk mencobanya? Yuk, simak daftar kuliner khas Pekanbaru yang harus Anda coba sambil cari mencari informasi hotel di Pekanbaru untuk akomodasi.


  1. Mieso

Menu yang satu ini adalah menu sarapan yang sangat populer. Jadi, Anda dijamin tidak akan kesulitan menemukannya sebagai pengisi perut di pagi hari. Dalam seporsi miso, terdapat mi putih dan mi kuning lengkap dengan topping tahu, kulit ayam, dan daging ayam suwir. Semuanya kemudian disiram dengan kuah kaldu ayam yang gurih dan nikmat.

Bagi Anda penggemar pedas, miso bisa Anda nikmati bersama dengan sambal hijau. Plus, Anda juga bisa menikmatinya bersama dengan kerupuk berwarna merah muda untuk menambah cita rasa gurihnya.

  1. Gulai Ikan Patin

Makanan khas Pekanbaru yang satu ini sangat pas disantap bersama dengan sepiring nasi yang masih hangat. Selain itu, gulai ikan patin juga biasa dinikmati bersama dengan lauk pendamping lainnya.

Dalam seporsi gulai ikan patin, Anda bisa menemukan potongan ikan patin dengan ukuran yang lumayan besar dan dicampur dengan kuah gulai segar berwarna kuning. Karena gulai ikan patin adalah salah satu menu makanan sehari-hari warga Pekanbaru, Anda jelas bisa menemukan makanan ini dengan mudah.

  1. Mi Lendir

Kuliner khas Pekanbaru yang populer lainnya adalah mi lendir. Tapi, Anda tak perlu khawatir hanya karena mendengar namanya. Sebab, mi lendir ini sebenarnya adalah mi kuning dengan kuah kental. Tekstur kuahnya merupakan asal-muasal penamaan kuliner ini.

Keunikan kuah siraman mi lendir ini adalah bahan-bahannya yang dicampur dengan ubi dan kacang tanah lengkap dengan bumbu rempah. Tidak hanya itu, ada juga telur rebus, potongan cabe rawit, tauge rebus, hingga taburan bawang goreng.

  1. Lopek Bugi

Lopek bugi merupakan kue basah dengan cita rasa manis yang dulunya hanya dapat dinikmati kaum bangsawan. Sekarang, makanan ini bisa Anda nikmati saat sarapan, maupun sebagai sajian dalam perayaan hari besar.

Makanan ini terbuat dari tepung beras sebagai bahan dasarnya. Meskipun dikenal sebagai kuliner khas Kota Pekanbaru, tapi lopek bugi sebetulnya berasal dari Danaubingkuang, sebuah desa di barat daya Pekanbaru.

  1. Roti Jala

Roti jala adalah makanan khas Pekanbaru yang dipengaruhi oleh budaya Melayu, tepatnya roti canai. Seperti namanya, roti jala punya bentuk yang berlubang-lubang menyerupai jala.

Hanya saja, roti jala punya rasa yang cukup hambar sehingga perlu dinikmati dengan cocolan. Biasanya roti jala dinikmati dengan saus durian. Tapi, tak sedikit pula yang menyantapnya dengan kuah kari untuk rasa yang lebih gurih.

Dari 5 rekomendasi kuliner khas Pekanbaru di atas, mana yang paling menarik perhatian Anda?

Post a Comment

0 Comments